directory

background:#004A80; text-align:center; border:#000000 1px solid;">Blog Directory

Minggu, 18 Oktober 2015

Cara Menanam Tanaman Buah Dalam Pot



Cara Menanam Tanaman Buah Dalam Pot
( TABULAMPOT )
 Diposkan : Suhartati

          Sekarang masyarakat di daerah perkotaan banyak sekali yang mempunyai lahan yang sempit, namun hal tersebut  bukan halangan untuk bisa menikmati panen buah sendiri. Cara yang bisa dipakai adalah menanam buah dalam pot. Walaupun halaman dilapisi dengan ubin  masih bisa menghasilkan buah-buahan segar yang siap disantap dari tanaman yang kita tanam selain itu bisa untuk menghias halaman sehingga tampak sejuk dan asri. 

          Dengan adanya tanaman buah dalam pot terutama dihalaman rumah akan mempercantik penampilan rumah kita karena setiap yang lewat pasti akan memandangnya. Tanaman buah dalam pot bisa ditata berdekatan dengan tanaman hias lainnya. Sekarang tanaman buah dalam pot sudah banyak  jenis yang dikembangkan. Tanaman buah  yang umum ditanam di pot adalah jambu air terutama Jambu Kancing, Jambu Biji, Mangga, Anggur, Delima, Sawo, Belimbing, Jeruk, Jeruk Nipis, dll.

          Langkah awal untuk menanam buah dalam pot adalah Pemilihan  pot, ada beberapa jenis pot yang bisa digunakan yaitu : pot plastik yang besar dan tebal, pot tanah liat yang besar, atau pot dari drum bekas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pemilihan pot yang akan digunakan untuk tanaman kita yaitu:

a.       Pilih pot yang tidak mudah pecah dan ringan
Hal ini tujuannya supaya mudah memindahkan tanaman jika tempat kita meletakkan tanaman tidak sesuai misalnya kurang cahaya matahari karena rimbun  dll.

b.      Lubangi dasar pot
Melubangi dasar pot supaya pembuangan air lancar. Kita buat 4 sampai 6 lubang dengan ukuran diameter setiap lubangnya 1 sampai 2 cm.

c.       Perhatikan besar batang tanaman
Besar batang tanaman sangat mempengaruhi sistem perakaran. Biasanya untuk tanaman hasil cangkokan besarnya pot disesuaikan dengan besarnya pohon, yang sering dipakai para hobbis tanaman buah dalam pot adalah drum bekas. Drum bekas sangat sesuai dan ideal untuk hampir semua jenis tanaman buah karena mampu menampung seluruh sistem perakaran.
Namun jika ingin menanam jeruk atau jeruk nipis bisa menggunakan pot plastik yang besar.

d.      Cuci pot sebelum menanam

e.       Gunakan pot yang berkaki
Pot yang berkaki lebih baik karena air siraman yang berlebih keluar sehingga bagian bawah pot tidak lembab. Untuk pot yang tidak berkaki dan drum sebaiknya bagian bawah dialasi batu bata untuk pengganjal agar tidak bersentuhan langsung dengan tanah atau ubin.

f.       Pilih pot sesuai dengan kebutuhan
Jika ingin pot diletakkan dihalaman maka sebaiknya pilih pot dari plastik, pot dari tanah liat besar agar mudah dipindah-pindah, Jika pot tanaman buah diletakkan di teras maka pilih pot yang lebih kecil dan indah karena tanaman harus sering dikeluarkan supaya mendapat sinar matahari yang cukup. Jika tanaman buah diletakkan di kebun belakang maka pot dari drum bekas adalah pilihan yang tepat.

          Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam, berikut ini adalah campuran media tanam yang biasa digunakan para hobbis untuk menanam tanaman buah dalam pot :

a.       Media tanam porous
Campuran tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1 media tanam ini akan membuat air yang terikat dalam tanah tidak terlalu banyak.

b.       Media tanam gembur
Media ini menggunakan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam bakar dengan perbandingan  2 : 1 : 1. Jika tidak ada pupuk kandang bisa juga diganti kompos. Untuk jumlah tanah disesuaikan dengan pot dan tanaman yang akan ditanam.

          Sekarang kita sudah siap untuk  menanam tanaman buah dalam pot, teknik menanam secara umum adalah sebagai berikut :

a.       Siapkan pot, alasi dengan batu kerikil.
b.      Masukkan media tanam hingga ½ bagian pot.
c.       Buka plastik polybag yang membungkus tanah pada bibit tanaman ke dalam pot yang telah disiapkan, posisi tanaman tepat ditengah-tengah.
d.      Masukkan media tanam hingga memenuhi pot.
e.       Siram Media tanam dengan air secukupnya.

Demikianlah cara yang umum dipakai untuk menanam tanaman buah dalam pot, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.